Tips atau Cara Menurunkan Berat Badan Pasca Melahirkan

by 22.28 0 komentar
 Tips Kehamilan dan Bayi Tips atau Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan mungkin akan menjadi jawaban atau setidaknya sandaran bagi ibu-ibu muda dalam menghadapi moment penuh gejolak setelah melahirkan. Tips-tips yang akan dibahas di sini tidaklah sulit untuk dipraktekkan. Hanya perlu kemauan keras untuk mempraktekkannya.

Baca juga: 6 Hal yang Harus dihindari Selama Kehamilan

tips cara menurunkan berat badan sesudah melahirkan


Untuk bunda yang lagi punya rencana mempunyai momongan pertamanya, memiliki kelebihan berat badan sesudah melahirkan bayi adalah suatu kekhawatiran yang umum terjadi. Sesudah melahirkan memang biasanya berat badan bunda akan melar dibandingkan berat badan sebelum hamil. Tapi kekhawatiran tersebut sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Masalah tersebut bisa ditangani dengan cara merubah gaya hidup sehat. Berikut ini tips atau cara menurunkan berat badan setelah melahirkan.

Menyusui Bayi Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak sedikit hasil penelitian yang menunjukkan bahwa menyusui bayi dapat memicu proses penurunan berat badan secara bertahap, dalam beberapa kasus sekitar enam bulan sesudah melahirkan. Banyak hormon yang akan dilepaskan ke dalam tubuh, hormon tersebutlah yang akan mendorong rahim menormalkan tubuh anda kepada bentuk sebelumnya. Saat anda menyusui bayi, kalori akan terbakar sekitar 200 sampai 500 kalori dalam satu hari. Itu kurang lebih sama dengan ketika anda beberapa jam berolahraga renang atau bersepeda sebanyak 1 jam.

Lakukan Olahraga yang Aman Pasca Melahirkan

Berdiskusilah dengan dokter anda mengenai jenis olahraga yang sekiranya tidak berbahaya dan waktu yang tepat untuk melakukan olahraga tersebut. Hal ini sangat perlu dilakukan khususnya untuk bunda yang telah melalui proses kelahiran dengan operasi caesar. Melakukan kegiatan olahraga akan lebih menyenangkan jika anda memiliki teman yang juga dalam masa pasca melahirkan.

Beraktifitas dengan Bayi anda

Rutinitas bunda setelah melahirkan tentunya akan menjadi lebih berwarna dari sebelum memiliki bayi. Bunda bisa have fun dengan si kecil. Selain menyenangkan, aktifitas tersebut akan membantu proses pembakaran lemak. Sebagai contoh, cobalah untuk mengajak bayi bepergian dengan menggunakan keranjang bayi, atau anda juga bisa menggendongnya.

Diet Sehat

Diet bukan berarti harus menyiksa diri dengan hanya makan satu kali sehari, misalnya. Namun ini lebih berarti kontrol makanan bergizi. Anda bisa tetap makan 3 kali sehari, namun tentunya yang bergizi. Makan sekali sehari terkadang malah merangsang anda untuk makan lebih banyak junk food. Selain makanan yang bergizi, cukupi juga asupan cairan dengan mengonsumi air putih.

Tentukan Target yang Masuk Akal

Tentunya akan banyak ibu-ibu yang memimpikan ada cara cepat menurunkan berat badan. Namun, bisa dibilang itu tidak mungkin! Perlu ada proses rutin yang dilalui. Agar anda bisa konsisten dalam menjalankan cara menurunkan berat badan, anda bisa melakukan hal-hal sederhana seperti menempelkan foto anda sebelum hamil di tempat-tempat yang sering anda lihat. Dengan begitu, diharapkan anda bisa termotivasi.

Berusahalah untuk Memiliki Tidur yang Cukup

Memiliki bayi biasanya akan merubah banyak kebiasaan dalam aktifitas anda sehari-hari. Salah satunya masalah tidur. Banyak bayi yang bangun di tengah malam dan minta susu. Itu tentu akan membuat anda seolah-olah tidak mungkin untuk memiliki tidur yang normal. Namun, cukupilah kebutuhan istirahat anda sebisa mungkin. Jika anda tidak mungkin tidur 8 jam sehari, upayakan untuk tidur setidaknya 7 jam sehari. Perlu anda ketahui, kekurangan tidur bisa menghambat upaya anda untuk menurunkan berat badan. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa tidur lebih awal. Tidurlah saat bayi anda tidur.

Konsultasi dengan Dokter atau Pakar Diet

Cobalah untuk meminta bantuan mereka dalam menyusun rencana program penurunan berat badan yang akan anda jalani. Kepada dokter, anda bisa meminta saran mengenai berat badan ideal setelah usai masa kehamilan atau setelah melahirkan. Dan kepada pakar diet, mintalah bimbingannya dalam proses dan rencana tadi.

Demikian tips atau cara menurunkan berat badan setelah melahirkan ini. ingat, penentu kesuksesan program anda adalah diri anda sendiri. semoga bermanfaat.



Iik Radit

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar