Tips Mengontrol Berat Badan diSaat Hamil

by 16.58 0 komentar
Tips mengontrol berat badan disaat hamil - "Diet, ah! Biar langsing!" Sering mendengar kata-kata itu terlontar dari orang yang merasa gemuk? Ya.. kebanyakan orang memang cenderung mengartikan diet sebagai upaya untuk menurunkan badan. Jika orang dengan postur tubuh kurus mengatakan akan melakukan diet, biasanya memiliki motif guyon dan akan mendapatkan olok-olok dari orang lainnya. Padahal diet bisa saja dihubungkan dengan upaya menurunkan berat badan, bisa juga sebagai upaya untuk menaikkan berat badan. Pada kenyataannya diet itu lebih berhubungan erat dengan pengaturan pola makan demi menjaga kesehatan. Dengan demikian, walaupun saat ini berat badan anda tergolong ideal, anda perlu melakukan diet untuk menjaga kebugaran dan menjaga tubuh tetap ideal.

tips diet ibu hamil


Bagaimana dengan ibu hamil? Apakah perlu melakukan diet? Tentu saja! Bahkan direkomendasikan demi menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Bagaimana caranya? Simak, yuk!

Pada dasarnya diet hanya memiliki dua metode. Mengatur pola makan seimbang dan olahraga. Agar lebih efektif tentu kita perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana kondisi tubuh kita saat ini. Mulai dengan hal yang sederhana. Ketahui apakah berat badan anda saat ini dalam keadaan kekurangan, kelebihan, atau ideal? Jika menginginkan langkah yang mudah dan sederhana untuk mengetahui hal tersebut, silahkan baca caranya di sini: Cara menghitung berat badan ideal .. langkah ini bisa diterapkan untuk mengetahui kondisi ibu sebelum hamil. Hasilnya bisa digunakan untuk langkah berikutnya. Ada penghitungan khusus untuk mengetahui berat badan ideal ibu hamil. Nanti kapan-kapan kita bahas, atau bunda bisa browsing di google.com. .. ;)

Konon, ibu hamil rentan mengalami kelebihan berat badan, baik di saat hamil ataupun setelah melahirkan. Hal ini bisa juga karena mitos yang beredar, bahwa ibu hamil harus makan untuk berdua, dirinya sendiri dan bayi. Akibatnya, jika tanpa kontrol, malah mengakibatkan kelebihan berat badan. Jika sudah kelebihan berat badan, bukan saja ibu yang rugi, namun bisa juga mempengaruhi bayi dalam kandungan.

Diet untuk ibu hamil bisa berupa kontrol terhadap asupan kalori dengan tetap memperhatikan kebutuhan nutrisi. Jadi, makanan yang rendah kalori namun memiliki kandungan nutrisi yang mencukupi bisa menjadi pilihan untuk ibu hamil. Tidak semua makanan yang rendah kalori itu kaya akan nutrisi.

Oke kita langsung saja membahas mengenai tips diet untuk ibu hamil.


  • Cukupi Serat Sayuran yang dibutuhkan

Ibu hamil harus memperbanyak konsumsi serat sayuran, usahakan untuk menghindari sayur bersantan. Serat sayur yang dibutuhkan ibu hamil itu sekitar 30 gram. Sementara, sebagai contoh, dalam 100 gr sayur kangkung terkandung 1 gr serat sayur, dalam 100 gram sawi hijau terkandung kurang lebih 1.2 gr serat. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan serat sayur sebanyak 30 gram, ibu hamil harus makan lebih banyak sayuran.


  • Cukupi Kebutuhan Lemak yang Baik

Ibu hamil juga membutuhkan lemak yang baik, loh! Lemak yang baik itu terdapat pada buah-buahan seperti buah alpukat. Buah ini mengandung omega-3.


  • Konsumsi Ikan

Ibu bisa memperbanyak makan ikan, bisa ikan air tawar atau ikan laut (bukan seafood).

  • Batasi Asupan Kalori

Ada banyak makanan ringan yang berkalori tinggi, contoh: krupuk, minuman bersoda, gorengan, dll... Waduh! padahal itu makanan favorit loh ya! Pilihlah makanan yang rendah kalori namun mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Beberapa nutrisi yang bagus untuk ibu hamil yaitu asam folat, selenium, dan omega 3. Hal tersebut diantaranya terkandung dalam makanan seperti kacang ijo, labu siam, brokoli, buah pepaya, alpukat, bayam, dan lain-lain.


  • Rajin dan Rutin Berolah Raga

Siapa bilang ibu hamil tidak perlu berolah raga? Rajin dan rutin berolahraga di saat hamil justru akan sangat membantu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Hanya saja perlu memperhatikan kondisi ibu hamil. Olah raga untuk ibu hamil bisa berupa jalan kaki, senam, renang, bahkan angkat beban! Tapi tetap jangan gegabah ya. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter anda . Baca juga: Hal-hal yang harus dihindari saat hamil.


Iik Radit

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Poskan Komentar