Kekurangan Hormon Ibu Hamil Mempengaruhi Kemampuan Matematika Anak

by 14.38 0 komentar
Tips Kehamilan dan Bayi | Kekurangan Hormon Ibu Hamil Mempengaruhi Kemampuan Matematika Anak - Matematika kerap menjadi salah satu pelajaran sekolah yang paling tidak disukai oleh sebagian siswa. Ada banyak alasan kenapa hal tersebut terbentuk dan seolah menjadi tradisi. Terlepas dari kenyataan tersebut, kita akan membahas mengenai salah satu penyebab seseorang kurang dalam pelajaran matematika. Baru-baru ini European Journal of Endocrinology mempublikasikan sebuah hasil penelitian yang cukup mengejutkan bahwa penyebabnya adalah ibu anda!



Berdasarkan penelitian tersebut salah satu hal yang menyebabkan anak-anak buruk dalam kemampuan matematika adalah karena ibunya kekurangna hormon pada saat hamil. Mereka menemukan lebih dari 60 persen anak yang lahir dari perempuan dengan hormon tiroid rendah memiliki kemampuan matematika yang relatif rendah dibanding anak dari permpuan dengan hormon tiroid normal. Hal ini senada dengan hasil penelitian sebelumnya mengenai anak dari perempuan yang kekurangan hormon cenderung memiliki anak yang terganggu perkembangan mentalnya pada masa kecil. Baca: Persiapan Kehamilan

Martin Finken dari Fakultas Kedokteran Universitas VU Belanda sebagai penulis utam apenelitian tersebut menyebutkan bahwa penelitian tersebut hanya sampai masa kanak-kanak, untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlansung sampai dewasa atau tidak, ia mengatakan harus terus melakukan penelitian dengan terus mengikuti perkembangan anak-anak tersebut lebih lanjut.

Lalu bagaimana sebenarnya penelitian tersebut dilakukan?

Awalnya mereka mengukur tingkat tiroksin pada sekitar 1196 orang calon ibu dengan usia kehamilan 12 minggu. Mereka mengikuti perkembangan kehamilan sampai kemudian melahirkan anak-anak yang sebelumnya sudah didiagnosa sehat. Anak-anak dari ibu-ibu yang mereka teliti tersebut diteliti lagi perkembangannya sampai mereka berusia lima tahun. Saat itulah, tim peneliti mulai melakukan berbagai tes yang berhubungan dengan kemampuan aritmatika dan bahasa. Al hasil, mereka menemukan bahwa hampir dua kali lebih memiliki nilai matematika yang kurang.

Mereka mengharapkan hasil penelitian ini bisa diterapkan untuk mengidentifikasi anak-anak yang memiliki kemungkinan memerlukan bantuan khusus dalam pelajaran matematika di sekolah.

Agar ibu-ibu hamil tidak kekurangan hormon Tiroid

Salah seorang profesor dari Yayasan Tiroid inggris, Prof. John Lazarus, menjelaskan bahwa bayi dalam kandungan memang belum bisa memproduksi hormon tiroksin sehingga ia  sangat tergantung pada pasokan dari ibunya. Agar pasokan tersebut mencukupi, ia menyarankan ibu-ibu hamil mengonsumsi yodium yang merupakan bahan utama tiroksin, yodium tersebut biasanya terdapat dalam susu dan ikan. Yodium, terangnya, dapat membantu perkembangan otak si bayi dan juga memperbaiki kecerdasan anak, terutama pada bulan pertama kehamilan.

.

Iik Radit

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Poskan Komentar