Persiapan Kehamilan yang Harus Anda Lakukan

by 13.11 0 komentar
persiapan kehamilan
Positif! Tanda plus dari tes kehamilan tersebut akan mengubah hidup anda. Gerbang baru kehidupan anda terbuka di depan mata. Ada tantangan kehamilan selama 9 bulan, dan akan ada penghuni baru yang dikirimkan Tuhan dalam rumah tangga anda. So sweeeeeeet.....

Kebahagiaan tentunya dirasakan setiap calon ibu saat itu. Seperti juga bayi anda yang terus berkembang seriring waktu dalam perut anda, akan banyak perubahan yang juga terjadi dalam diri anda. Mulai dari fisik anda, emosi, dan gaya hidup. Ini benar-benar seperti hidup baru! Anda akan membutuhkan banyak informasi untuk menjawab berbagai pertanyaan dan membantu anda dalam membuat keputusan yang baik untuk kesehatan diri anda dan tentunya bayi anda.

Apa saja yang perlu dipersiapkan Pra Kehamilan?

- Konsultasi dengan Dokter Anda
Ini adalah kesempatan yang baik bagi anda untuk bisa memiliki pengetahuan lebih jauh mengenai program kehamilan anda. Berkonsultasi dengan dokter sebelum anda di vonis hamil akan membuat anda lebih siap saat kabar baik itu tiba. Anda akan mendapatkan pemeriksaan mengenai kemungkinan adanya keluhan medis dalam diri anda sehingga bisa dengan segera diatasi. Anda juga akan diperiksa mengenai berbagai resiko kehamilan dan bayi anda kelak. Dengan begitu, semua persoalan yang mungkin muncul saat anda hamil nanti akan segera ditangani demi kesehatan anda dan bayi anda. Ingat, ibu yang sehat adalah salah satu sarat untuk melahirkan bayi yang juga sehat.

Berikut ini hal-hal yang perlu didiskusikan dengan dokter untuk mempersiapkan kehamilan anda.

  • Tentang riwayat reproduksi. Hal ini diantaranya adalah mengenai riwayat kehamilan anda sebelumnya (jika pernah hamil sebelumnya), riwayat menstruasi anda, mengenai penggunaan kontrasepsi, riwayat penyakit seksual, dan lain-lain yang berhubungan dengan reproduksi.
  • Tentang Riwayat Kesehatan.  Ya, ini tentang kondisi kesehatan anda sekarang. Ini sangat penting agar anda bisa mengontrol berbagai resiko yang mungkin terjadi nantinya. 
  • Sejarah Bedah. Apakah anda pernah menjalani operasi sebelumnya? Baik operasi yang berhubungan dengan kehamilan ataupun tidak. Katakan seadanya kepada dokter anda. Riwayat operasi akan mempengarhui tindakan dokter ke depan, baik selama kehamilan, atau nanti pada waktunya melahirkan.
  • Obat-obatan dan Vitamin yang anda konsumsi. Ini tentunya harus didiskusikan dengan dokter anda. Diskusikan pula mengenai obat herbal, suplemen, atau vitamin yang mungkin akan bagus dan mendukung kesehatan anda dan kehamilan anda. 
  • Riwayat kesehatan keluarga. Beritahu dokter mengenai kondisi medis keluarga anda. Ini penting.
  • Lingkungan rumah dan tempat kerja. Diskusikan mengenai keadaan lingkungan rumah dan tempat kerja anda, terutama mengenai kemungkinan bahaya yang mengancam dari lingkungan seperti kemungkinan terkena polusi kotoran kucing, dan lain-lain. Dengan begitu dokter akan tahu apa yang harus disarankan kepada anda dalam menghadapi berbagai kemungkinan dari lingkungan tersebut. 
  • Berat Badan Anda. Akan lebih bagus jika anda hamil dalam keadaan berat badan ideal. Konsultasikan dengan dokter jika anda merasa berat badan anda kurang ideal. Minta saran dokter. 
  • Gaya Hidup. Diskusikan mengenai gaya hidup anda dan pasangan anda selama ini yang memiliki kemungkinan mempengaruhi kehamilan. Seperti tentang pasangan anda yang merokok, misalnya, atau latihan-latihan fisik yang mungkin selama ini anda lakukan untuk menjaga kesehatan, dan lain-lain
  • Makanan dan Minuman. Ini sangat penting didiskusikan. Apa yang biasa anda makan dan minum? Dan apa yang sebaiknya anda makan dan minum untuk mempersiapkan kehamilan? Diskusikan juga mengenai kebiasaan anda minum kopi atau teh, dan lain-lain, agar mendapat arahan positif dari dokter.

Selama konsultasi, dokter juga mungkin akan melakukan sejumlah pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan kesehatan jantung, paru-paru, payudara, tiroid, perut, dan lain-lain. Dokter juga akan membahas mengenai grafik siklus menstruasi, memeriksa perihal vaksinasi, dan konseling genetik.


Konsumsi Vitamin untuk Mendapatkan Kehamilan yang Sehat

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat adalah pilihan terbaik untuk mendukung program kehamilan anda. Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi vitamin tertentu (sesuai petunjuk dokter) untuk menutupi kekurangan asupan gizi dari makanan yang anda konsumsi.

Mengonsumsi vitamin dan mineral yang mengandung asam folat, zat besi, yodium, dan kalsium sangat penting untuk mendukung kehamilan yang sehat.

Asam folat akan membantu mencegah cacat lahir tabung saraf yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang bayi. Zat besi membantu darah, baik untuk ibu dan bayi. Ia akan membantu asupan oksigen. Yodium sangat penting untuk kesehatan fungsi tiroid selama kehamilan. Kalsium dapat membantu mencegah kehilangan kepadatan tulang.

Ceklis Pra Kehamilan

Ingin hamil sehat dan bayi sehat? Perhatikan dan ceklis point-point di bawah ini. Memang saat ini anda belum hamil, namun ada banyak hal yang perlu anda lakukan saat ini dalam rangka menjaga kesehatan tubuh anda sendiri demi perkembangan bayi nantinya. Apa saja yang perlu anda lakukan pada tahapan ini? Berikut ceklis nya.

  • Konsultasi Pra Kehamilan dengan Dokter. Langkah ini bisa anda perhatikan di atas. 
  • Yakinkan gusi anda sehat. Ini terkesan tidak ada hubungannya antara kesehatan gusi dan kehamilan. Namun, pada kenyataannya sejumlah penelitian menyatakan bahwa gusi yang tidak sehat berhubungan dengan kelahiran bayi yang terlalu dini atau terlalu kecil. 
  • STOP merokok dan minum-minuman beralkohol. Jika anda memiliki kebiasaan yang tidak baik tersebut, segera berkonsultasi dengan dokter agar anda bisa berhenti secepatnya. Karena seperti yang anda tahu bahwa merokok dan minum-minuman beralkohol sangat merugikan kesehatan anda dan beresiko terhadap kehamilan dan tentunya bayi anda kelak.  Bahkan, kebiasaan ini beresiko membuat anda sulit hamil. So? STOP SMOKING!
  • Kurangi Konsumsi Kafein. Menenggak sekitar 250 mg kafein atau sekitar dua gelas kopi atau 5 kaleng soda dalam sehari dapat mengakibatkan anda mengalami kesulitan untuk bisa hamil. Selain itu juga bisa meningkatkan resiko keguguran. Usahakan untuk mengurangi konsumsi kafein. Jika terlalu sulit bagi anda, coba beralih mengkonsumsi kopi dengan kafein rendah atau tanpa kafein. 
  • Konsumsi Makanan Sehat. Hentikan mengkonsumsi makanan tidak bergizi. Usahapan untuk mendapatkankan banyak asupan gizi dari buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak setiap harinya. Sebuah Penelitian menyatakan bahwa diet sehat pra kehamilan dapat mengikis resiko terkena penyakit diabetes gestasional saat hamil nanti.
  • Miliki berat badan ideal sebelum hamil. Berat badan berlebihan bukan hanya membuat anda tidak nyaman dalam melakukan berbagai hal, dan tentunya berbagai masalah emosional. Berat badan berlebih sangat beresiko juga dalam kehamilan nanti. Ia beresiko untuk terserang diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi selama kehamilan. Membuat berat anda ideal sebelum hamil tiba akan lebih bagus daripada melakukan upaya penurunan berat badan saat anda hamil.
  • Mengontrol kesehatan dengan latihan gerak badan atau fitnes. Ikuti latihan atau fitnes khusus untuk pra kehamilan. Di sana anda akan mendapatkan masukan yang positif untuk mempersiapkan kehamilan.

Iik Radit

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar:

Posting Komentar